Kurikulum

Muatan Utama

Kami memiliki 3 muatan utama kurikulum, yaitu Akhlaq (Hablumminallah), Kepemimpinan (Karakter), Tradisi Ilmiah (Pengenalan Alam). Komponen-komponen muatan tersebut adalah sebagai berikut:
Kurikulum SAC
Akhlaq
(Hablumminallah)
Kepemimpinan (Karakter) Tradisi Ilmiah (Pengenalan Alam)
Aqidah Nilai-nilai Akhlaq Matematika
Fiqh Kepanduan IPA
Ibadah Kepramukaan IPS
Al Qur'an Kewirausahaan Bahasa Indonesia
Hadist Outbond Bahasa Sunda
Seni dan Budaya
Kurikulum Taman Kanak-kanak

Muatan Utama

Jenjang Taman Kanak-kanak (TK) juga memiliki 3 muatan utama kurikulum, yaitu Akhlaq (Hablumminallah), Kepemimpinan (Karakter), Tradisi Ilmiah (Pengenalan Alam). Komponen-komponen muatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Akhlaq (Habluminallah), terbangunnya konsep keimanan yang baik.
  2. Kepemimpinan (Karakter), terbangunnya kemandirian, self concept, dan kenyamanan diri yang positif.
  3. Tradisi Ilmiah (Pengenalan Alam), terbangunnya rasa ingin tahu pada anak dan kemampuan bertanya serta berfikir logis.
  4. Psikologis anak usia dini.

Pada akhirnya kami menyiapkan siswa dalam berbagai aspek guna mengantarkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Metode Pengajaran

Dalam pengajarannya, SAC menggunakan metodologi berbasis tematik (Spider Web) dengan mengambil beberapa tema dalam satu semester pembejaran. Adapun grafis pengajaran untuk kurikulum yang ada adalah sebagai berikut:
Metode SAC

  1. Logika Ilmiah, menggunakan proyek atau small research, alam, dan peristiwa sebagai media belajar. Guru mencontohkan berfikir holistik untuk menuju berfikir sentralistik (Allah).
  2. Softskill dan Psikomotorik, mengunakan outbond, outdoor activities, manajemen kegiatan, dan organisasi kelompok sebagai media belajar.
  3. Akhlaqul Karimah, menggunakan metode Qudwah yaitu guru sebagai tauladan yang mampu menstimulasi, memfasilitasi, memotivasi, dan sebagai sumber inspirasi bagi siswa berdasarkan Qur’an dan Sunnah.

Prinsip Sekolah Alam Cendekia

  • Pendidikan merupakan hak bagi setiap anak, Sekolah Alam hadir bagi semua siswa, tidak ada seleksi siswa disekolah alam pada saat pendaftaran. Semua anak adalah unik.
  • Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, Sehingga keterlibatan orang tua di Sekolah Alam Cendekia merupakan keniscayaan. Sekolah pada hakikatnya merupakan partner oang tua dalam proses pendidikan anak.
  • Anak dibebaskan menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi dirinya untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan, dan siap menjadi pemimpin, sesuai hakikat penciptaan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi (khalifatul fil ardh).

Galeri

Kegiatan Kami

shares